Tuesday 27 August 2013

Sayuran Terbaik Untuk Kesehatan


Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan sangat penting bagi kesehatan tubuh. Karena di dalam sayuran terdapat nutrisi yang tidak bisa didapatkan dari sumber makanan lain seperti daging dan ikan.

Namun tentu saja tidak semua jenis sayuran memiliki nutrisi tinggi. Karena itu berikut ini kami pilihkan untuk anda, lima jenis sayuran terbaik yang mengandung nutrisi tinggi.

Brokoli

Brokoli dianggap sebagai makanan ajaib karena kemampuannya mencegah kanker. Sayuran ini dianjurkan bagi mereka yang menderita masalah jantung dan stroke. Brokoli mengandung zat besi, yang sangat ideal dikonsumsi penderita anemia. Memasaknya cukup direbus atau dikukus saja sehingga nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak hilang.

Kubis

Dimakan secara mentah atau dimasak, kubis ternyata memiliki banyak manfaat. Kubis yang kaya akan vitamin A, berguna untuk kesehatan kulit dan mata. Fitonutrisi pada sayuran ini membantu tubuh melawan radikal bebas. Kubis juga membantu kesehatan paru-paru, perut, dan kanker prostat. Yodium pada kubis bagus untuk mereka yang ingin memperkuat otot.

Kecambah

Taburkan pada salad atau dimakan sebagai camilan, ini termasuk cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi dari kecambah ini. Sayuran ini kaya vitamin C dan beberapa dosis kecambah segar bisa memberikan tiga perempat kebutuhan harian vitamin C. Selain itu, kecambah juga mengandung vitamin A, B, dan E, juga kalsium, zat besi, dan kalium.

Bayam

Ini dia sayuran favorit Popeye yang harus kita konsumsi juga. Bayam mengandung karotenoid yang membantu mencegah kanker. Juga mengandung vitamin C dan A yang membantu penglihatan dan membuat kulit bersinar. Tingginya kadar kalium pada bayam membuatnya berguna bagi penderita tekanan darah tinggi. Bayam juga membuat otot kuat dan membantu memulihkan penderita anemia.

Selada

Tergantung pada varietasnya, nutrisi yang dikandung selada memang bervariasi. Romaine lettuce disebut-sebut sebagai selada yang paling bagus karena mengandung vitamin A, B, C, asam folat, mangan, dan kromium. Selada juga mengandung zat besi yang membantu pembentukan darah. Juga mengandung magnesium, yang penting bagi otak dan saraf.

Lihat Artikel lainnya DI SINI

0 comments:

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Komentar Anda