Saturday 5 October 2013

Presiden Obama Batal Hadiri KTT APEC 2013 Bali


FORDEKAP - Para pemimpin anggota Forum Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) mulai berdatangan untuk menghadiri KTT APEC di Nusa Dua, Bali, Sabtu, 5 Oktober 2013.


Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto mendarat di Bandara Ngurah Rai dengan pesawat Kepresidenan Mexican Air Force Zero sekitar pukul 14.30 WITA.


Kemudian disusul oleh Kepala Pemerintahan Eksekutif Hong Kong, C.Y. Leung pada pukul 15 WITA, dan Taipei yang diwakili oleh Utusan Khusus Presiden Vincent C. Siew lima belas menit kemudian.


Perdana Menteri Papua Nugini Peter O’Neill tiba sekitar pukul 16.00 WITA, empat puluh menit sebelum Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.


Presiden Cina, Xi Jinping yang sempat mampir ke Jakarta, pada 2-3 Oktober lalu juga tiba dengan pesawat Air China 018 pada pukul 17.15.

Pesawat Gulf Stream yang membawa Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong tiba sekitar pukul 18.15. Sedangkan Presiden Cile, Sebastian Piner Echenique baru tiba sekitar pukul 22.00 WITA

Para pemimpin tersebut pagi ini akan menghadiri KTT APEC CEO yang dibuka Presiden Yudhoyono pada pukul 8.45 di BICC, Nusa Dua, Bali.


APEC merupakan kerja sama ekonomi di lingkar Pasifik yang terdiri dari 21 Ekonomi anggota, yaitu Amerika Serikat, Australia, Brunei Darussalam, Chile, China, Hong Kong-China, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Meksiko, Papua Nugini, Peru, Selandia Baru, Singapura, Chinese Taipei, Thailand, Vietnam.


Anggota APEC disebut sebagai entitas Ekonomi dan bukan negara mengingat keanggotaan Hong Kong-China dan Chinese Taipei di APEC.


NATALIA SANTI

0 comments:

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Komentar Anda